Daftar Isi

Tahapan Mununtut ILMU SYAR'I


بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

 Huuff.. adda ajja gangguannya kalo lagi mo konsen gini >u<// .. selalu [keep calm] .. maka, ayo lanjutkan kembali..

من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين
 Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah kebaikan atasnya, maka Allah memahamkannya terhadap ilmu agama.” (HR. Bukhori)

Kita, sebagai seorang Muslim diwajibkan dalam agama untuk selalu menuntut ilmu, selalu, selalu meningkatkan pemahaman di akal pikiran, lisan dan hati agar senantiasa berada dalam kebaikan dan kebarokahan..

PERLU DIINGAT!! Lebih utama bagi seseorang Muslim untuk membaca, mempelajari dan menghafal Kitabullah [ Al Quran] sebelum kitab lainnya karena ini merupakan kebiasaan para Sahabat radhiallahu’anhum. Mereka tidak bergeser dari sepuluh ayat pertama sebelum mereka mempelajari (menghafal) ilmu yang terkandung di dalamnya serta mengamalkannya. Rosulullah saw. bersabda, "Seutama-utama ibadah ummatku adalah membaca Al-Qur`an." (HR. Abu Nua`im).

YANG KEDUA!! Carilah dan pelajarilah matan (redaksi) hadits-hadits ringkas yang akan menjadi simpanan baginya ketika berdalil dengan Sunnah. Kemudian mempelajari dan menghafal matan-matan fiqih, Aqidah, Tauhid, dan Akhlak yang sesuai dengan diri. Dan jangan lupa, BELAJARLAH dan KUASAILAH NAHWU.
Maka inilah pokok-pokok yang harus dijadikan landasan bagi para penuntut ilmu.

Dan nasihat umum bagi para penuntut ilmu saya telah saia baca dalam Ebook : bahwa ilmunya harus berdampak terhadap dirinya berupa takwa kepada Allah melaksanakan ketaatan kepada-Nya, berakhlak mulia, ihsan (berbuat baik) kepada sesama makhluk dengan cars mengajar, membimbing, dan gigih dalam menyiarkan ilmu melalui berbagai media, baik melalui koran, majalah, kitab-kitab, risalah, buletin dan media lainnya. Juga Seorang penuntut ilmu wajib bertatakrama dengan sikap tawadhu’, tidak merasa ta’jub dengan diri sendiri, dan hendaklah mengetahui kemampuan diri. 

Allah SWT Berfirman, "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia, Yang mengajari (manusia) dengan kalam (pena)." (QS. 96/Al-`Alaq: 1-4). Maha Benar Alloh dalam segala Firmannya.. wal hamdulillahirobbil'alamin..


0 komentar:

Posting Komentar

 

Pena Umida

Free Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design